News & Articles

Pentingnya SNI Produk Kelistrikan Rumah Tangga Untuk Keselamatan Konsumen

Dibaca : 398
Pentingnya SNI Produk Kelistrikan Rumah Tangga Untuk Keselamatan Konsumen

Jakata, InfoPublik – Quality Assurance Manager PT. Kencana Gemilang, Teguh Kusrisyanto menyampaikan, pihaknya sangat mendukung sosialisasi Standar Nasional Indonesia (SNI), baik yang diselenggarakan oleh BSN maupun instansi lain. Berharap SNI pada produk peralatan rumah tangga bisa lebih dikenal masyarakat sebagaimana SNI helm dan tabung gas.

Perusahaan ini juga menaruh komitmen tinggi akan pentingnya jaminan keselamatan produk bagi konsumen. Hal ini dibuktikan, perusahaan menerapkan SNI tidak hanya pada produk-produk yang wajib ber-SNI, tetapi juga secara sukarela untuk produk-produk yang tidak diwajibkan menerapkan  SNI, seperti peralatan dapur listrik komersil (SNI IEC 60335-2-14:2011) dan peralatan pemanas cairan (SNI IEC 60335-2-15:2011).

“Di lingkungan perusahaan, edukasi dan sosialisasi telah dilakukan kepada front liner seperti SPG dan tukang kredit, sehingga masyarakat kebih paham dan mengerti pentingnya SNI bagi kesehatan, keselamatan, dan fungsi  lingkungan hidup,” kata Teguh pada acara Forum Komunikasi Wartawan BSN di Jakarta, Selasa (12/12).

Disebutkan, di internal perusahaannya yang pertama adalah menjamin kualitas dari produk sesuai dengan persyaratan SNI, kedua dari brand image, pihaknya kebih mengutamakan yang terkait keselamatan, sehingga konsumen lebih tenang kalau membeli produk itu.

Kalau dari segi penjualan, setelah menerapkan SNI mulai 2009, belum meningkat secara signifikan, karena selama ini konsumen masih banyak yang belum wer masalah SNI. Namun, tahun kedepannya konsumen semakin cerdas, dari tahun 2015, 2016, hingga 2017 semakin banyak konsumen yang cerdas memilih produk yang murah saja, tapi juga ada tanda SNI-nya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah menerapkan SNI pada produk yang SNI nya di wajibkan oleh pemerintah, diantaranya kipas angin, setrika, kompor gas satu tungku, selang karet LPG, regulator tekanan rendah dan tinggi untuk tabung baja LPG.

Kemudian juga menerapkan SNI produk yang SNI nya belum diwajibkan atau sukarela, diantaranya dispenser, blender, mixer, rice cooker, pengejus, pengering rambut, pemanggang roti, pensteril botol, pembuat kopi, penanak lambat, dan lain-lain.

“Jadi yang sudah memiliki SNI sebanyak 22 produk. 12 produk diantaranya SNI sukarela, dan yang 10 produk sisanya SNI wajib,” tandasnya.

Thank you for visiting MIYAKO website and we hope you will enjoy it.
We also encourage you to join MIYAKO Indonesia Facebook community.

Please click the "Like" button below to stay updated with all our activities.
click here to allow MIYAKO get your basic information