2 Macam Regulator yang Harus Anda Ketahui

Bukan hanya Anda saja kok yang tidak tahu mengenai fakta bahwa regulator memiliki dua macam tipe. Kebanyakan orang awam masih belum mengetahui tentang hal ini. Tapi, kenapa ya sampai dua macam tipe regulator? Memangnya, apa sih yang membedakan ke dua tipe regulator tersebut?

Sebelum kita membahas tentang tipe-tipe regulator, ada baiknya kita ingat-ingat kembali apa itu regulator. Regulator atau mungkin yang banyak orang ketahui sebagai tutup tabung gas atau juga penyambung tabung gas ke kompor, merupakan pengatur kestabilan tegangan yang keluar dari tabung gas dan akan disalurkan ke kompor. Singkatnya, pengertian regulator seperti itu.

Nah, setelah kita mengetahui dan mengingat kembali apa itu regulator, sekarang kita beralih ke tipe-tipe regulator. Regulator dibedakan menjadi dua tipe berdasarkan besar tekanannya. Karena itulah, kedua tipe regulator ini disebut dengan regulator tekanan tinggi dan regulator tekanan rendah. Mari kita bahas lebih lanjut kedua tipe regulator ini.

 1. Regulator Tekanan Tinggi

Regulator tipe ini mempunyai tekanan sebesar 0,6kg/jam. Selain itu, regulator tekanan tinggi juga memiliki bentuk fisik yang berbeda dari regulator tekanan rendah. Pada regulator tekanan tinggi, Anda bisa menemukan knop yang bisa diputar untuk mengatur besar kecilnya gas yang ingin Anda keluarkan.

Mungkin Anda bertanya-tanya, regulator tekanan tinggi dipakai buat masak apa sih sampai penggunaan tekanannya harus sebesar itu? Nah, biasanya, regulator tekanan tinggi digunakan untuk restoran-restoran besar yang sering Anda lihat jika chef atau tukang masaknya menggunakan kuali yang besar untuk memasak. Biasanya juga, regulator tekanan tinggi digunakan untuk oven-oven besar dan kebanyakan penjual kue atau roti pasti akan menggunakan regulator tekanan tinggi ini.

Jika Anda mempunyai tujuan untuk membuka sebuah restoran atau menjual kue/roti, regulator tekanan tinggi merupakan pilihan kamu. Anda bisa menemukan regulator tekanan tinggi pada web Miyako. Tipe regulator yang disarankan: RM-101 M jika Anda hanya membutuhkan regulator miyako tanpa selang atau RMS-106 M dengan panjang selang 1,8 meter.

Baca juga: Tips Memilih Regulator Tabung Gas

 2. Regulator Tekanan Rendah

Setelah membaca tentang regulator tekanan tinggi, sekarang Anda mengerti kapan dan di mana regulator tekanan rendah dipakai? Ya, betul sekali. Anda bisa menemukan regulator tekanan rendah di rumah.

Tekanan pada regulator ini juga relatif lebih rendah dibandingkan regulator tekanan tinggi. Karena itulah, regulator tekanan rendah lebih sering dipakai untuk keperluan memasak di rumah.

Untuk regulator miyako tekanan rendah yang disarankan yaitu: RM-100 regulator miyako tanpa selang atau RMS-105 dengan panjang selang 1,8 meter.

Setelah Anda mengetahui ke dua tipe regulator di atas, sekarang sudah tidak perlu bingung lagi kan harus membeli yang mana untuk kebutuhan. Anda bisa cek pada bagian produk regulator tabung gas miyako dan Anda bisa memesan pilihanmu di sana. Regulator miyako sudah mendapatkan label SNI dan tentunya aman untuk penggunanya. Kenali kebutuhanmu dan pilih yang sesuai.