5 Manfaat Mengonsumsi Kurma Ketika Berbuka Puasa

Hallo Sahabat Miyako!

Dibulan yang penuh berkah ini banyak amalan baik yang bisa Sahabat lakukan, salah satunya adalah berbuka puasa dengan kurma. Berbuka puasa dengan 3 butir kurma sudah disarankan sejak dahulu kala. Hal ini pasti didasari oleh banyak faktor pendukungnya.

Umat muslim disunnahkan untuk berbuka puasa dengan segelas air dan 3 butir kurma. Tapi taukah kalian Sahabat mengonsumsi kurma di awal waktu ketika berbuka ternyata memiliki manfaat untuk tubuh kita loh. Apa saja sih manfaat mengonsumsi kurma berikut ulasannya.

Makanan yang Kaya akan Nutrisi

Buah kurma memang merupakn buah yang kaya akan nutrisinya. Buah kurma yang sudah dikeringkan akan memiliki kandungan kalori yang tinggi dibandingkan dengan kurma yang basah. Kalori pada kurma kering sama dengan kandungan nutrisi pada kismis dan buah ara. Sebagian besar kandungan kalori kurma kering adalah karbohidrat, sisanya seperi protein, vitamin, mineral dan serat selulosa, lignin dan pektin.

Melancarkan Pencernaan

Tubuh membutuhkan serat yang cukup untuk membantuk kerja pencernaan. Jika Sahabat rajin mengonsumsi buah kurma selama berpuasa, hal ini dapat mencegah gangguan pada pencernaan Sahabat loh. Dalam 100 gram kurma terdapat kandungan serat hampir 7 gram. Mengonsumsi kurma saat buka puasa merupakan pilihan yang tepat untuk meningkatkan asupan serat. Serat akan berkerja menjaga kesehatan pencernaan dan menjegah datangnya sembelit.

Mengontrol Gula Darah

Seperti yang sudah kita ketahuin buah kurman memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Salah satunya ialah kandungan serat yang dapat mengontrol gula darah. Serat akan memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kenaikan kadar gua darah terlalu tinggi setelah makan. kurma memiliki indeks glikemik rendah (GI), yang mengukur seberapa cepat gula darah Anda naik setelah makan makanan tertentu.

Mengembalikan Energi Tubuh

Pada buah kurma terdapat zat yang dapat meningkatkan dan mengembalikan energi tubuh setelah seharian berpuasa. Kandungan buah kurma itu seperti glukoasa, fruktosa dan sukrosa. Maka dari itu disarankan untuk mengonsumsi buah kurma ketika berbuka agar cepat mengembalikan energi dalam tubuh dan menghindari makan berlebihan setelahnya.

Nahh itu dia beberapa manfaat dari si buah kecil yang banyak manfaatnya ini Sahabat. Buah kurma sendiri memiliki banyak jenis dan rasa manis yang bisa Sahabat pilih sesuai selera.