fbpx

Coba Berkebun Dirumah? Ini Manfaatnya Sahabat!

Coba Berkebun Dirumah? Ini Manfaatnya Sahabat!

Hallo Sahabat Miyako!

Siapa nih yang di rumahnya memiliki kebun kecil atau sedang mulai untuk membuat kebun di rumahnya? Mengurus kebun selain untuk mengisi waktu kosong ternyata memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan loh.

Kegiatan yang satu ini memang bisa dilakukan siapa saja mulai dari anak kecil hingga orang tua. Untuk anak kecil kegiatan berkebun bisa sebagai ajang latihan motorik anak dan untuk orang tua bisa sebagai sarana untuk berolahraga ringan.

Dalam kegiatan berkebun Sahabat bisa menanam banyak pilihan mulai dari jenis tumbuhan hias, buah – buahan hingga sayur – sayuran. Sahabat ingin tau manfaatnya? Yukk simak ulasan berikut!

Menyehatkan Mental

Manfaat pertama ialah dapat menyehatkan mental. Dalam sebuah penelitian medis dikatakan bahwa berkebun di rumah dapat memunculkan ketenangan jiwa, menaikkan mood, perasaan yang bahagia dan menghilangkan rasa sepi.

Berapa lama pun melakukan kegiatan berkebun di rumah akan memberikan efek positif pada kesehatan mental. Seseorang akan lebih percaya diri hingga mendapatkan kepuasan hidup. Berkebun di alam terbuka juga akan membuat tubuh lebih rileks, menghilangkan kecemasan, tekanan ataupun depresi.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kegiatan berkebun biasanya akan dilakukan di pagi hari dan diluar ruangan, hal ini bersifat positif karena akan meningkatkan daya tahan tubuh Sahabat. Sinar matahari pagi menghasilkan sinar ultraviolet atau UV yang bila terkena langsung ke kulit akan diubah menjadi vitamin D oleh tubuh.

Vitamin D akan berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh, sehingga Sahabat akan tidak akan mudah sakit. Selain itu kandungan kalsium yang tinggi dalam vitamin D juga berguna untuk menguatkan tulang – tulang. Tetapi pastikan Sahabat untuk memakai sunscreen ya, agar kulit tidak mudah hitam dan kusam.

Sebagai Sarana untuk Berolahraga

Manfaat berikutnya adalah sebagai sarana untuk berolahraga. Berkebun sama saja dengan melakukan olahraga ringan untuk tubuh karena fisik Sahabat akan bergerak lebih aktif dan terlatih kekuatannya.

Saat melakukan kegiatan berkebun pasti akan banyak melakukan banyak hal mulai dari mengeruk tanah untuk mengisi pot, memupuk tanaman, memindahkan pot, angkat ember, menyiram tanaman hingga menyapu untuk membersihkan sekitar tanaman yang kotor. Aktivitas fisik ini akan membuat Sahabat menggunakan banyak otot dan berkeringat.

Membuat Ruang Terbuka Hijau

Nah manfaat berikutnya adalah sebagai ruang hijau. Ruang hijau sekarang memang sudah sulit untuk ditemui apalagi di area – area padat penduduk. Dengan memiliki kebun di rumah berarti Sahabat sudah membuka ruang terbuka hijau yang akan memberikan dampak positif untuk lingkungan.

Walaupun mungkin kebun di rumah tidak terlalu luas, setidaknya tetap bisa berkontribusi terhadap penambahan ruang terbuka hijau sekaligus memenuhi kebutuhan area resapan di perkotaan.

Memproduksi Bahan Makanan Sehat

Nah manfaat terkahir adalah bisa memproduksi bahan makanan yang sehat. Kegiatan berkebun tidak hanya untuk menanam tanaman hias, tetapi Sahabat bisa menanam aneka jenis sayuran dan buah – buahan. Dari menanam sendiri dirumah akan menghasilkan buah dan sayuran organik, mengandung nutrisi yang lebih sehat dan aman bagi kesehatan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makanan yang penuh dengan nutrisi, terutama yang higienis karena dihasilkan langsung dari aktivitas berkebun di rumah, akan mendukung perkembangan otak, kelancaran metabolisme, dan menjaga kesehatan organ tubuh.

Nah itu dia Sahabat beberapa manfaat dari kegiatan berkebun di rumah. Nah kegiatan ini bisa juga dilakukan bersama pasangan dan keluarga Sahabat. Yuk lakukan kegiatan ini agar mendapatkan manfaat baik nya untuk tubuh!

Miyako
Berdiri dibawah naungan PT. Kencana Gemilang, Miyako berkomitmen kuat untuk memberikan kontribusi positif bagi negeri serta masyarakat Indonesia dengan menyajikan produk-produk peralatan rumah tangga dengan harga terjangkau, standar kualitas tinggi serta desain yang estetik.