Hidup Nyaman dengan Regulator Aman

Kompor gas LPG (Liquified Petroleum Gas) menjadi kebutuhan penting rumah tangga untuk memasak sehari-hari. Tabung gas LPG berisi bahan bakar yang mudah terbakar. Agar kompor gas tetap aman saat digunakan, Kamu perlu menggunakan regulator tabung gas yang berkualitas sehingga terhindar dari kebocoran. Regulator tabung gas yang berkualitas ditentukan dari kemampuannya menyalurkan dan mengatur tekanan aliran gas agar stabil.

Regulator tabung gas yang berkualitas baik terbuat dari bahan kuningan yang kuat, tahan lama, dan anti karat. Tidak hanya itu saja, di dalam regulator harus dilengkapi dengan stopper (pengaman). Stopper atau pengaman ini terdapat pada 3 bagian regulator tabung gas, yaitu mulut tabung gas, dudukan regulator, dan mulut out-flow regulator. Pengaman pertama berupa seal yang berfungsi menutup celah antara mulut tabung gas dan regulator. Seal dapat digunakan berulang kali saat penggantian tabung gas.

Seal pada stopper  kedua berfungsi sebagai penutup sisa celah yang ada pada saat regulator diputar. Pengaman diperkuat juga dengan Ball Bearing pada stopper ketiga yang mampu menutup jalur gas bila terjadi kebocoran. Ketida stopper (pengaman) ini mampu memperbaiki kekuranngan pada mulut tabung dan seal stkamur.

 baca juga Wajib Diketahui! Bagaimana Cara Memasang Gas yang Baik dan Benar?

4 hal yang harus kamu perhatikan dalam hal pemakaian regulator:

  1. Pilih regulator gas layak pakai dan berkualitas. Regulator yang sudah terjamin keamanannya harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Gunakan regulator berlogo SNI 7369:2007 dengan cetak timbul.
  2. Hindari penggunaan regulator yang sudah kendur dan tidak terikat sempurna. Daya tahan regulator antara satu hingga dua tahun. Jika sebelum setahun regulator sudah kendur, segeralah ganti regulator tabung gas yang baru.
  3. Hindari pemasangan secara paksa pada mulut tabung gas. Hal ini dapat mengakibatkan rusaknya regulator yang berpotensi pada gas bocor.
  4. Hindari pemasangan pada tabung tanpa ada cicin karet di mulut tabung gas. Karet cicin ini berguna sebagai pengikat antara tabung dan regulator, sekaligus pencegah bocornya gas dari celah pertemuan tabung dan regulator.

Selain 4 hal di atas, ada beberapa bagian dari regulator yang perlu kamu perhatikan, dan cara pengoperasiannya.

Penghubung Selang: Mocong regulator berfungsi sebagai penghubung antara selang dan kompor. Agar terpasang kuat, moncong harus diberi ikatan yang berupa klem.

Klep: Alat kontrol mulut regulator berfungsi untuk membuka dan mengunci regulator ketika terpasang pada tabung. Saat memasangnya, putar klep 90 derajat searah jarum jam. Jika sudah terpasang, putar ke arah sebaliknya.

Valve Regulator: Berfungsi sebagai penghubung dengan tabung gas. Batang bagian tengah berfungsi untuk membuka pintu gas di mulut tabung.

Kualitas Selang

Selang gas yang berkualitas baik setidaknya memiliki tiga lapisan. Lapisan pertama mampu menahan tekanan sangat tinggi di atas stkamur SNI 290 psi. Lapisan kedua terbuat dari bahan reinforced woven polyester fiber. Lapisan ketiga adalah lapisan yang tahan panas dan anti getas. Selain itu, terdapat pelindung dari metal galvanized yang berfungsi untuk melindungi selang dari kebocoran dan gigitan tikus. Sebaiknya regulator dan selang harus diganti secara periodik 1-3 tahun sekali, tergantung pada pemakaiannya.

Itulah hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan demi keamanan saat menggnakan kompor gas. Keamanan sangat penting untuk diperhatikan mengingat bahan bakar kompor gas yang mudah terbakar dan tingginya frekuensi penggunaan kompor gas untuk kebutuhan sehari-hari. Jika keamanan penggunaan regulator tabung gas sudah kamu perhatikan, maka kamu tidak perlu khawatir untuk menggunakan kompor gas.