Kenali Jenis Kulitmu!

Hallo Sahabat Miyako! Taukah kamu setiap manusia memilki jenis kulit yang berbeda – beda. Mulai dari kulit yang kering sampai kulit yang sensitif. Sebelum Sahabat memilih produk – produk untuk perawatan kulit, Sahabat harus mencari tahu dulu jenis kulit Sahabat.

Mencari tahu jenis kulit bisa dilakukan di klinik kecantikan, tetapi kadang banyak orang yang malas untuk datang ke klinik kecantikan. Sahabat bisa melakukan beberapa hal kecil untuk mencari tahu jenis kulit Sahabat. Pertama siapkan kaca atau cermin, jika ada sediakan kaca yang berbentuk cembung agar lebih memudahkan. Kedua perhatikan pori – pori Sahabat, jika pori – pori tidak terlihat dan kulit agak mengelupas bisa dikatakan itu adalah kulit kering. Sebaliknya jika pori – pori terlihat besar dan memiliki permukaan yang terlihat seperti kulit jeruk, bisa dikatakan kulit Sahabat itu berminyak. Dan jika pori – pori terlihat besar hanya di daerah t-zone bisa dikatakan bahwa kulit Sahabat adalah kulit kombinasi.

Setelah mengetahui jenis kulit akan lebih mudah untuk memilih jenis perawatan apa yang bisa dilakukan. Setiap kulit memiliki cara yang berbeda dalam perawatannya. Pemilihan produk dan metode yang tetap akan menjadikan kulit terlihat sehat dan cerah. Tapi bagaimana cara merawat kulit yang baik? Simak beberapa tips untuk merawat kulit sesuai jenisnya:

Kulit Kombinasi

Biasanya jenis kulit ini memiliki pori – pori yang agak besar di bagian t-zone (hidung dan dahi) dan kering di area pipi. Untuk jenis kulit ini sahabat bisa melakukan :

Double cleansing untuk pembersihan lebih dalam terutama di area yang pori – porinya besar, dan gunakan jenis sabun yang lebih lembut.

Keseharian jangan lupa untuk menggunakan toner dan SPF untuk melindungi kulit langsung terpapar dari sinar matahari langsung

Lakukan eksfoliasi satu sampai dua kali dalam seminggu, untuk membuang sel – sel kulit mati.

Kulit Berminyak

Jenis kulit ini memiliki pori – pori yang lebih besar. Perawatannya bisa dilakukan dengan cara:

Memilih sabun cuci muka yang mengandung asam alpha-hidroxy (AHA) karena bisa mengangkat sel – sel kulit mati dan mengangkat minyak lebih banyak dan disarankan juga untuk menggunakan air hangat ketika mencuci muka sebab air hangat dapat mengangkat minyak lebih banyak.

Jangan lupa untuk menggunakan toner dan SPF sebelum berpergian. Cobalah menggunakan toner cuka apel yang bisa dibuat sendiri, toner cuka apel dapat membantu mengangkat minyak dan mengecilkan pori – pori.

Melakukan kegiatan masker satu sampai dua kali dalam seminggu. Bisa melakaukan scrubbing yang berguna untuk mengangkat minyak berlebih. Ataupun masker putih telur yang memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit dan menyerap minyak.

Pilihlah make up yang sesuai, disarankan untuk Sahabat yang memiliki kulit berminyak untuk mengunakan loose face powder karena dapat menahan minyak lebih lama dan jangan lupa untuk membawa kertas minyak.

Kulit Kering

Kulit kering atau senstif biasanya membutuhkan perwatan yang lebih ekstra dalam perawatannya, seperti :

Jangan terlalu sering mencuci muka, minimal dua hari sekali. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan kadar minyak alami yang dihasilkan wajah. Gunakan juga pembersih wajah khusus untuk kulit kering yang bertekstur krim atau balm agar kulit menjadi lebih lembab dan menghindari iritasi.

Selesai mencuci muka jangan lupa untuk menggunakan pelembab, untuk menjaga kelembapan kulit tetap terjaga.

Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel – sel kulit mati, eksfoliasi juga sangat bagus untuk kulit kering. Sebaiknya eksfoliasi dilakukan sekali dalam seminggu untuk kulit kering. Bisa juga melakukan scrubbing tapi pilihlah butiran srcub yang sangat halus untuk menghindari iritasi.

#tipsandtrik #kecantikan #kulitberminyak #kulitkering

Photo : nicpic.com