Mau Diet? Ketahuilah Jumlah Kalori Setiap Beras!

Hello Sahabat Miyako! Siapa disini yang sedang menjalankan program diet? salah satu hal yang harus diperhatikan ketika sedang melakukan program diet adalah asupan kalori yang masuk kedalam tubuh. Ketika melakukan diet Sahabat haru melakukan olahraga, menjaga asupan kalo yang masuk, melakukan detox tubuh dan pasang target diet sahabat.

Menjaga asupan kalori yang masuk kedalam tubuh ketika diet memang sangat penting, karena hal ini akan berpengaruh terhadap proses penurunan berat badan yang lebih cepat. Faktanya setiap orang memiliki kebutuh kalori yang berbeda – beda setiap harinya. Dilihat dari jenis kelamin, kegiatan sehari – hari dan target yang ingin di capai.

Salah satu makanan yang sering dihilangkan dari menu ketika diet adalah nasi. Faktanya mengonsumsi nasi itu sangatlah penting, nasi mengandung kabohidrat yang berguna sebagai energi bagi tubuh untuk melakukan kegiatan setiap harinya. Sebaiknya ketika sedang melakukan program diet kurangi jumlah kabohidrat, perbanyak protein, vitamin dan minerat.

Beras Putih

Jenis beras yang paling populer dari jenis – jenis beras yang lainnya. Setelah di masak beras putih akan menjadi nasi putih yang banyak di sukai karena lebih pulen, enak dan terlihat bersih. Beras putih sendiri memiliki kalori 130 kcal/100 gramnya. Ketika ingin melakukan program diet bisa dihitung juamlah asupan beras putih agar tidak berlebihan.

Beras Coklat

Beras coklat memiliki tekstur yang sedikit lebih kasar dan memiliki warna cokelat yang kusam. Proses memasaknya juga sedikit lebih lama ketimbang beras putih. Rasa dari beras coklat juga sedikit lebih pera. Dalam setiap sajiannya berat coklat dapat memenuhi kebutuhan sekitar 280 kalori. Selain itu beras coklat juga mengandung 2 gram lemak, 24 gram protein disetiap porsinya.

Beras Merah

Salah satu jenis beras yang paling populer ketika seseorang akan menjalankan program diet. Beras merah memiliki 110 kcal/100 gramnya. Dengan kandungan kalori yang lebih rendah, ditambah dengan kaya akan serat dan vitamin menjadi alasan utama beras merah baik untuk menurunkan berat badan.

Beras Hitam

Beras hitam memiliki kandungan kalori yang paling rendah dibandingkan jenis beras lainnya. Beras hitam mengandung 200 kalori di setiap 76 gramnya. Serat merupakan sumber protein tubuh yang baik, dalam beras hitam sebanyak 76 gram berasnya mengandung 43 gr kabohidrat, 3 gr serat, 6 gr protein dan 2 gr lemak. Warna hitam pada beras hitam juga menandakan adanya kandungan zat antioksidan. Semakin pekat warna hitamnya berarti semakin banyak pula zat antioksidan yang terkandung.

Beras Shirataki

Beras yang terbuat dari iles – iles atau umbi sayuran yang tumbuh di tengah hutan dan bentuk seperti butiran nasi. Akhir – akhir ini beras shirataki menjadi sangat populer dikalang orang yang sedang menjalankan program diet. Setiap 100 gram beras shirataki hanya mengandung 15 kalori, hal inilah yang menjadikan beras shirataki populer bagi mereka yang diet. Kombinasikan dengan protein, serat, lemak dan mineral yang sesuai akan membuat program diet lebih cepat dan efektif.

Photo: glutenfreerecipebox.com