Selamat Hari Musik Nasional

Hallo Sahabat Miyako! Selamat Hari Musik Nasional! Perkembangan musik di nusantara mencerminakan identitas warga Indonesia, baik dari bahasa, karakter ataupun melodi yang digunakan. Musik sudah ada sejak dari jaman dahulu kala, di Indonesia sendiri perkembangan musik memiliki beberapa tahap mulai dari Era Hindu – Buddha hingga Era Modern seperti sekarang.

Berawal dari masa sebelum Hindu – Buddha, pada masa ini musik digunakan untuk berbagai macam kegiatan ritual kemasyarakatan dan alat musik yang digunakan juga berasal dari alam sekitar. Setelah datangnya Hindu – Buddha ke Indonesia ini juga memperngaruhi
perkembangan musik nusantara. Pada masa ini musik masih digunakan untuk kegiatan ritual saja, tetapi musik mulai digunakan untuk kegiatan istana seperti hiburan untuk para tamu istana. Untuk peralatan musiknya juga sudah mulai berkembang, mulai adanya alat musik gamelan yang dibagi dalam 5 kelompok yakni kelompok balungan, blimbing, pencon, kendang dan pelengkap.

Berikutnya mulai masuknya Islam ke Indonesia, pada masa ini mulai munculah alat – alat musik lainnya yang bernuansa islam seperti gambus, rebana, dan rebab. Selanjutnya pada masa kolonial, para pendatang ini juga memperkenalkan berbagai alat musik dari negeri mereka masing – masing seperti biola, cello, gitar, flute, dan ukulele. Dan mulai berkembangnya makin banyak peralatan musik dan jenis musik di Indonesia.

Jenis – jenis musik di Indonesia

Musik Daerah atau Tradisional

Ciri khas dari musik daerah atau tradisional terlihat pada isi lagu dan instrumen yang digunakan. Memiliki karateristik yang khas dengan syair dan gaya melodi yang menggunakan bahasa dan gaya seni daerah asalnya. Musik tradisional menjadi identitas, jati diri, ciri khas dan media kreasi dari masyarakat pendukungnya, sekaligus menjadi identitas dan ciri khas ragam kebudayaan. Beberapa peralatan musik yang digunakan pada musik tradisional seperti gamelan, kolintang, gendang, sasando, rebab, suling, tarompet dan masih banyak lainnya.

Musik Keroncong

Musik keroncong mulai hadir di Indonesia sejak permulaan tahun 1900-an. Salah satu musik keroncong yang paling terkenal adalah Bengawan Solo yang ditulis oleh Gesang Martohartono, seorang pemusik dari solo. Ketika awal di dengarkan Bengawan Solo menjadi sangat populer di seluruh Indonesia terutama orang Jawa. Tidak hanya warga Indonesia, warga Jepang yang kala itu berada di Indonesia juga sangat menyukalo lagu ini.

Musik Dangdut

Musik dangdut merupakan musik yang sangat khas dengan Indonesia. Musik yang meulai populer sejak 1970-an ini merupakan hasil kombinasi antara musik India dengan musik asli Nusantara. Ciri khasnya terletak pada pukulan alat musik tabla yang menghasilkan bunyu “ndut” dengan iramanya yang ringan.

Musik Pop – Indo

Musik Pop – Indo atau disebut Indonesia pop atau musik pop Indonesia. Secara luas musik Indo – Pop diartikan sebagai musik populer yang ada di Indonesia. Ciri khas pada musik ini ada pada penggunaan ritme yang terasa bebas dengan mengutamakan permainan drum dan gitar bas. Selain itu, para pemusik juga kana menambahkan gaya yang beraneka ragam untuk menambah daya tarik dan penghayatan penikmatnya.

Photo: pinteres.com