Sering Konsumsi Chia Seed? Ini Dia Manfaatnya!

Hallo Sahabat Miyako!

Apakah Sahabat pernah mendengar mengenai chia seed? Benar sekali bahan makanan yang satu ini memang masih terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Chia seed termasuk kedalam biji – bijian, berwarna hitam dengan ukuran kecil chia seed ini berasal dari tumbuhan salvia hispanica. Chia seed banyak dikonsumsi oleh orang – orang yang menerapkan pola hidup sehat karena kandungannya yang baik bagi tubuh.

Kandungan seperti omega 3, antioksidan, serat, kalsium hingga zat besi ada di dalam chia seed. Biji – bijian yang satu ini cocok dan aman dikonsumsi mulai dari anak – anak hingga orang tua. Untuk mengonsumsinya Sahabat bisa makan secara mentah atau memasaknya terlebih dahulu. Sahabat juga bisa mencampurkannya dengan beberapa jenis makanan lainnya seperti sereal, salad buah, smoothies, kue ataupun pudding.

Chia seed memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, Sahabat ingin tau manfaat apa saja yang bisa dirasakan tubuh jika rutin mengkonsumsi chia seed? Simak ulasan berikut!

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Chia seed memiliki kandungan serat, protein dan omega 3 yang baik untuk tubuh, hal ini dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi chia seed dapat menurunkan faktor trigliserida, peradangan, resistensi insulin hingga lemak di perut. Selain itu mengkonsumsi chia seed juga bisa mengurangi tekanan darah secara signifikan. Untuk hasil yang lebih maksimal Sahabat bisa mengkonsumsi chia seed secara rutin dan mengatur pola hidup yang baik.

Menurunkan Berat Badan

Untuk Sahabat yang sedang menjalani program diet, chia seed bisa Sahabat masukkan ke dalam list menu makanan loh! Chia seed memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan kamu Sahabat! Biji chia seed akan berkerja membantu mengeluarkan sisa – sisa makanan yang tidak terpakai oleh tubuh. Sisa makanan dapat membuat lemak menumpuk dan menambah berat badan.

Untuk Sahabat yang diet bisa mengkonsumsi chia seed dengan cara mencampurnya dengan makanan kamu Sahabat. Menu seperti smoothies, sereal, puding ataupun kue bisa menjadi pilihan menunya. Sahabat bisa membuat smoothies dengan menggunakan blender dari Miyako, dengan pisau yang kuat dan tajam akan memudahkan Sahabat ketika akan menghancurkan es batu ataupun buah – buah beku, sehingga smoothies aka lebih lembut dan halus.

Menjaga Kesehatan Kulit

Selain untuk kesehatan chia seed juga berkhasiat untuk kecantikan tubuh, salah satunya dapat mencegah penuaan dini. Mengkonsumsi chia seed secara rutin mampu mengurangi gejala penuaan dini seperti perubahan warna kulit, keriput, bintik hitam, kerutan hingga garis – garis halus. Selain itu chia seed memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang terbukti mampu meningkatkan sirkulasi, mengatasi kulit kering atau peradangan pada kulit. Omega 3 memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari paparan radiasi atau sinar uv.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat berikutnya dari chia seed adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Biji chia seed memiliki kandungan kalsium, magnesium, fosfor hingga mangan yang baik untuk menutrisi tulang. Mengonsumsi mineral – mineral tersebut secara rutin dan didampingi berolahraga secara teratur akan melindungi kepadatan tulang.

Nah itu dia Sahabat manfaat dari rutin mengkonsumsi chia seed. Selain mengonsumsi makanan bergizi dampingi juga dengan olahraga secara teratur yang Sahabat. Ada banyak olahraga ringan yang bisa Sahabat lakukan dirumah, contohnya seperti disini. So jangan hanya jaga makan ya Sahabat, lakukan rutin olahraga juga agar tubuh tetap sehat! Keep healthy Sahabat Miyako!