fbpx

Susah Tidur? Berikut Bahaya dan Tips untuk Menguranginya

Susah Tidur? Berikut Bahaya dan Tips untuk Menguranginya

Hallo Sahabat Miyako! Siapa disini yang mengalami insomnia? Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur ataupun tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Biasanya orang yang mengalami insomnia akan merasa sulit tidur bahkan bisa sampai pagi hari.

Insomnia memiliki dua tipe, yaitu tipe primer dan sekunder. Tipe primer menandakan bahwa insomnia sebagai penyakit, yaitu muncul dengan sendirinya tidak terkait dengan kondisi medis apa pun. Sementara tipe sekunder menandakan sebagai gejala yang muncul akibat adanya kondisi medis lain.

Insomnia di tandai dengan beberapa gejala seperti susah untuk memulai tidur di malam hari, terbangun di tengah malam atau bangun sangat pagi, bangun tidur dengan tubuh yang lelah, mudah marah, depresi, atau cemas/gugup, sakit kepala, kepala tegang dan kesulitan
dalam fokus. 

Hal tersebut dapat menggagu kegiatan sehari – hari dan hal yang terburuk disebabkan oleh insomnia adalah kematian. Tentu Sahabat tidak maukan mengalami hal tersebut, berikut beberpa tips mengatasi insomnia:

Mengatur Jadwal Tidur

Salah satu cara mengatasi insomnia dengan mangatur jadwal tidur kalian Sahabat. Atur jam tidur ketika badan sudah merasa paling lelah dan mengantuk ketika malam. Umunya orang dewasa akan tidur pukul 10.00 atau 11.00 malam.

Rutin Berolahraga

Rutin melakukan olahraga akan melepaskan kortisol yang menjadi pengganggu pola tidur alami. Olahraga yang disarankan seperti berjalan santai, peregangan, ataupun yoga. Ataupun Sahabat bisa melakukan olahraga ringan, peregangan dan pemijatan yang membantu melancarkan aliran darah. Dan jika ingin melakukan olahraga dimalam hari, pastikan olahraga dilakukan 3 jam sebelum jam tidur Sahabat.

Mandi dengan Air Hangat

Mandi air hangat sebelum tidur akan membuat badan menjadi lebih rileks dan membuat lepit cepat mengantuk. Ini akan mengurangi masalah insomnia Sahabat.

Tidur dengan Lampu Mati

Untuk Sahabar yang mengalami insomnia cobalah untuk tidur dengan lampu yang dimatikan. Cahaya biru lembut yang dihasilkan tablet, ponsel ataupun jam digital bisa menjadi salah satu penyebab Sahabat sulit tidur.

Minum Jus Ceri Tart

Faktanya meminum satu gelas jus ceri tart dua kali sehari selama dua minggu dapat meningkatkan waktu tidur sebanyak 84 menit. Selain itu Sahabat juga bisa mengonsumsi segelas susu hangat sekitar satu jam sebelum waktu tidur.

Relaksasi

Dengan tubuh yang rileks akan membuat tidur lebih nyenyak. Disarankan untuk menghindari aktivitas berat 20 hingga 30 menit sebelum waktunya tidur. Sahabat bisa menggunakan waktu tersebut untuk kegiatan yang lebih santai seperti membaca buku.

Makan Malam Lebih Awal

Melakukan makan malam lebih awal akan membuat Sahabat lebih cepat merasakan kantuk. Cobalah untuk makan malam 3 – 4 jam sebelum waktunya tidur. Jangan biasakan tidur dalam kondisi perut kenyang karena ketika perut terisi penuh asam lambung akan meningkat dan dapat mengaktifkan sistem pencernaan yang membuat Sahabat tetap terjaga.

Photo : evanerichards.com

Miyako
Berdiri dibawah naungan PT. Kencana Gemilang, Miyako berkomitmen kuat untuk memberikan kontribusi positif bagi negeri serta masyarakat Indonesia dengan menyajikan produk-produk peralatan rumah tangga dengan harga terjangkau, standar kualitas tinggi serta desain yang estetik.