Tips Mengempukan Daging Kambing

Hallo Sahabat Miyako!

Hari raya Idul Adha sudah menghitung hari, tak lama lagi umat muslim diseluruh dunia akan meraya hari raya yang satu ini. Hari raya Idul Adha sangat khas dengan tradisi potong kurban mulai dari hewan sapi, kambing hingga unta. Setelah potong hewan kurban daging akan dibagi – bagiakan bagi mereka yang membutuhkan.

Sama seperti hari raya umat besar beragama lainnya hari raya Idul Adha memiliki makanan – makanan khas yang selalu hadir menemani santap bersama keluarga mulai dari ketupat, rendang, gulai, opor dan masih banyak lagi. Salah satu menu yang khas adalah masakan dengan bahan dasar daging kambing.

Mengolah daging kambing memang susah – susah gampang. Berikut Miyako akan berikan tips bagaimana cara mengempukan daging kambing!

Perhatikan Cara Memotong Daging

Salah memotong bentuk daging kambing akan berpengaruh pada tekstur daging ketika dimasak. Potonglah daging dengan cara di iris atau dicincang, karena daging yang tipis dan berukuran kecil akan lebih cepat matang dan empuk. Selain itu bumbu juga akan lebih mudah meresap tanpa harus dimasak terlalu lama.

Bungkus dengan Daun Pepaya

Tips untuk mengempukan daging berikutnya adalah dengan membungkus daging dengan daun pepaya sebelum di masak. Sahabat bisa membungkus daging menggunakan daun pepaya yang sudah dirematkan dan kemudian disimpan semalaman di dalam kulkas. Besoknya daging bisa dimasak seperti biasa dan akan lebih mudah empuk dan tidak keras.

Rendam dengan Menggunakan Baking Powder

Baking powder tidak hanya digunakan untuk membuat kue ternyata bahan dapur yang satu ini bisa digunakan juga untuk mengempukan daging. Caranya cukup rendam daging di dalam bumbu yang telah dibubuhi baking powder. Cara ini sangat cocok untuk membuat menu daging lada hitam atau sate.

Lumuri dengan Jahe

Bumbu dapur jahe memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan salah satunya untuk mengempukan daging. Jahe memiliki kandungan enzim proteolitik alami yang berguna untuk mengurangi ikatan protein agar daging menjadi empuk. Caranya cukup mudah, Sahabat hanya perlu melumuri daging dengan parutan jahe dan diamkan selama 30 menit. Setelahnya daging siap diolah!

Masak Menggunakan Panci Presto

Untuk tips terakhir yang sangat mudah dalam mengempukkan daging, Sahabat bisa memasaknya dengan menggunakan panci presto. Panci ini memang didesain khusus untuk memasak daging agar lebih empuk, gurih dan cepat matang. Untuk cara yang satu ini Sahabat bisa menggunakan pressure cooker dari Miyako dengan 3 pilihan ukuran yaitu 3.5 liter (PC-350), 7 liter (PC-700) dan 12 liter (PC-1200) bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Nah itu dia Sahabat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengempukan daging. Sebelumnya perlu diingat juga Sahabat mencuci daging dengan benar dan bersih juga akan mempengaruhi proses memasak dagingnya ya. Untuk Sahabat Miyako menu apa yang biasa dimasak ketika hari raya Idul Adha tiba? Share keseruan Sahabat Miyako di social media Miyako ya!