TIPS MENGHILANGKAN KUTU PADA BERAS

Hallo Sahabat Miyako!

Permasalahan yang sering muncul ketika menyimpan beras adanya kutu beras yang dikenal sebagai hama yang membuat beras tidak lagi lezat. Kutu beras ini berasal dari serbuk halus beras yang disebut tepung beras. Tepung inilah yang kemudian akan melahirkan telur kumbang beras dan menjadi kutu.

Apabila kutu beras tidak segera dihilangkan maka akan menimbulkan dampak buruk bagi yang mengkonsumsinya. Maka dari itu hal ini harus lebih diperhatikan agar beras terhindar dari kutu beras.

Untuk itu jangan khawatir karena Miyako kali ini akan memberikan beberapa tips yang dilakukan untuk menghilangkan kutu pada beras. Jadi, sahabat harus simak informasinya dan lakukan hal ini agar berasa bebas dari kutu!

  1. Jemur Beras di Bawah Matahari

Kutu beras dikenal tidak menyukai suhu panas maka itu cara yang paling ampuh adalah menjemurnya di bawah sinar matahari. Hal yang perlu sahabat lakukan adalah memindahkan beras ke wadah yang lebar dan datar seperti nampan kemudian jemur di bawah sinar matahari selama beberapa jam.

  • Daun Jeruk Nipis

Daun jeruk nipis juga dipercaya ampuh sebagai cara menghilangkan kutu beras dalam karung. Hal ini disebabkan karena daun jeruk nipis memiliki aroma yang cukup kuat. Cobalah untuk menyiapkan beberapa lembar daun jeruk nipis yang segar.

Caranya yakni dengan meletakkan beberapa lembar daun jeruk nipis pada karung beras dan simpan dengan waktu yang cukup lama. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti secara rutin dengan daun jeruk segar yang baru agar aromanya tetap kuat dan kutu beras tidak berdatangan.

  • Tutup Dengan Kain Basah

Kutu beras tidak menyukai area yang lembab, oleh karena itu cara ini bisa dilakukan apabila kutu sudah terlanjur datang di penyimpanan beras mu. Hal yang perlu dilakukan adalah  dengan memindahkan beras ke wadah besar seperti nampan dan tutup beras dengan kain basah selama 30 menit.

Setelah semua kutu menempel pada kain basah dan sudah tidak ada kutu lagi maka beras bisa disimpan kembali. Namun, jika beras ikut basah karena kain jangan langsung menaruh dan membiarkannya. Pastikan untuk tetap mengeringkannya dulu karena bisa membuat beras menjadi apek.

Nah, itu dia sahabat untuk tips menghilangkan kutu pada beras. Jadi, beras bisa terbebas dari kutu yang membandel. Semoga informasinya bermanfaat, Sahabat Miyako! Have a nice day